:::: Evashijab ::::

I'm Just An Ordinary Girl With An Extraordinary Blissful Life !

  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Minggu, 20 Desember 2015


A.  Pengenalan Keselamatan dan Keamanan Kerja di Laboratorium Kiimia
Selama abad yang lalu, kimia telah membuat kita semakin memahami dunia fisik dan biologis serta kemampuan kita untuk memanipulasinya. Pekerjaan yang dilakukan di laboratorium kimia di seluruh penjuru dunia terus memungkinkan kemajuan penting di dunia sains dan teknik. Laboratorium kimia menjadi pusat pemerolehan pengetahuan dan pengembangan materi-materi baru untuk digunakan di masa depan, serta pusat pemantauan dan pengendalian bahan kimia yang saat ini digunakan secara rutin dalam ribuan proses komersial.
Sebagian besar bahan kimia yang saat ini dihasilkan dan digunakan adalah bahan-bahan yang bermanfaat, tetapi sebagian juga dapat berpotensi merusak kesehatan manusia, lingkungan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaan kimia.
Lembaga harus menyadari bahwa potensi penyalah-gunaan secara tidak sengaja dan sengaja seperti terorisme atau perdagangan obat-obatan illegal dan sebagainya. Laboratorium menghadapi sejumlah ancaman, termasuk pencurian informasi sensitif, peralatan bernilai tinggi, dan bahan kimia dengan “penggunaan ganda”yang mungkin digunakan sebagai senjata.
Penyelamatan dan pengamanan bahan kimia bisa mengurangi risiko-risiko ini. Budaya baru yang berisi kesadaran keselamatan dan keamanan lembaga pendidikan. Laboratorium telah mengembangkan prosedur dan peralatan khusus untuk menangani dan mengelola bahan kimia secara selamat dan aman. Pengembangan “budaya keselamatan dan keamanan” menghasilkan laboratorium yang aman dan sehat bagi lingkungan tempat kita mengajar, belajar, dan bekerja.

B.  Mengembangkan Budaya Keselamatan dan Keamanan dalam Laboratorium Kimia
Terbentuknya budaya keselamatan dan keamanan bergantung pada pemahaman bahwa kesejahteraan dan keamanan tiap orang tergantung pada kerja sama tim dan tanggung jawab bersama serta masing-masing
anggota.Budaya keselamatan dan keamanan harus dimiliki setiap orang, tidak hanya harapan dari luar yang didorong oleh peraturan lembaga.Laboratorium akademik dan pengajaran memiliki tanggung jawab untuk menanamkan sikap kesadaran keselamatan dan keamanan dan praktik laboratorium yang bijak sepanjang hayat.
Praktik yang aman harus dijadikan prioritas utama pengajaran di laboratorium akademik. Memupuk kebiasaan dasar berperilaku bijak adalah komponen yang sangat penting dari pendidikan kimia di setiap level dan tetap penting sepanjang karier kimiawan.
Dengan mempromosikan keselamatan selama bertahun-tahun mengajar di tingkat sarjana dan pasca sarjana, staf pengajar tidak hanya memberi pengaruh pada siswa, tetapi juga setiap orang yang akan bekerja di lingkungan yang sama di masa mendatang.
Program keselamatan dan keamanan yang sukses memerlukan komitmen dari semua orang yang bekerja di lembaga setiap hari. Semua orang di semua tingkat harus memahami pentingnya meniadakan risiko di laboratorium dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan ini. Pimpinan lembaga memiliki kekuatan dan kewenangan terbesar,
sehingga paling bertanggung jawab untuk mengembangkan budaya keselamatan dan keamanan.

C.  Upaya dalam membudayakan Keselamatan dan Keamanan di Laboratorium Kimia
Budaya keselamatan laboratorium sangat tergantung pada kebiasaan kerja masing-masing kimiawan dan rasa kerja tim untuk melindungi diri mereka sendiri, tetangga, dan komunitas dan lingkungan yang lebih besar.
Pimpinan lembaga mensyaratkan agar pegawai laboratorium mengambil langkah-langkah berikut ini untuk meningkatkan budaya keselamatan dan keamanan di fasilitas kerja:
1. Rencanakan semua eksperimen sebelumnya dan patuhi prosedur-prosedur lembaga tentang keselamatan dan keamanan selama perencanaan.
2. Selama memungkinkan, minimalkan operasi laboratorium kimia untuk mengurangi bahaya dan limbah.
3. Asumsikan bahwa semua bahan kimia yang ada di laboratorium berpotensi beracun.
4.    Pertimbangkan tingkat kemudahbakaran, korosivitas, dan daya ledak bahan kimia dan kombinasinya jika melakukan operasi laboratorium.
5.    Pelajari dan patuhi semua prosedur lembaga terkait keselamatan dan keamanan.
  

0 komentar:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us